Tuesday, November 22, 2011

ihya ulumiddin bab 1, Keutamaan Belajar bag.2

Keutamaan Belajar bag.2


Adapun atsar (kata-kata shahabat)
وأما الآثار؛ فقال ابن عباس رضي الله عنهما: ذللت طالبا فعززت مطلوبا
maka Ibnu Abbas ra berkata : "Saya rendahkan penuntut (ilmu) dan saya muliakan sesuatu yang dituntutnya (ilmu)" .

Demikian juga Ibnu Abi Mulaikah rahimahullah berkata Saya tidak pernah melihat orang seperti Ibnu Abbas, apabila saya melihatnya maka saya melihat orang yang wajahnya paling tampan. Dan apabila ia berbicara maka ia orang yang paling lancar lidahnya, dan apabila ia memberi fatwa maka ia orang yang paling banyak ilmunya".
. وكذلك قال ابن أبي مليكة رحمه الله: ما رأيت مثل ابن عباس، إذا رأيته رأيت أحسن الناس وجها، وإذا تكلم فأعرب الناس لساناً، وإذا أفتى فأكثر الناس علماً. وقال ابن المبارك رحمه الله: عجبت لمن لم يطلب العلم كيف تدعوه نفسه إلى مكرمة؟
Ibnul Mubarak rahimahullah berkata : "Saya heran terhadap orang yang tidak menuntut ilmu, bagaimanakah ia mengajak dirinya kepada kemuliaan ?"
وقال بعض الحكماء: إني لا أرحم رجالا كرحمتي لأحد رجلين: رجل يطلب العلم ولا يفهم، ورجل يفهم العلم ولا يطلبه.
Sebahagian hukama' berkata "Sesungguhnya saya tidak sayang kepada orang-orang seperti sayangku kepada salah satu dari dua orang, yaitu : seseorang yang mempelajari ilmu namun ia tidak faham dan seseorang yang memahami ilmu namun ia tidak menuntutnya".
وقال أبو الدرداء رضي الله عنه: لأن أتعلم مسألة أحب إلي من قيام ليلة.
Abud Darda' ra : "Sungguh saya belajar satu masalah lebih saya sukai dari pada mendirikan malam (shalat sunnat di malam hari)".
وقال أيضاً: كن عالما أو متعلما أو مستمعا ولا تكن الرابع فتهلك.
Dan ia berkata juga : "Orang yang berilmu dan orang yang belajar ilmu itu adalah dua sekutu dalam kebaikan, sedangkan seluruh manusia (lainnya) adalah dungu, tidak ada kebaikan padanya".
Dan ia berkata juga : "Jadilah orang pandai atau orang belajar atau orang yang mendengarkan (ilmu) dan jangan kamu menjadi orang yang keempat maka kamu binasa".
وقال عطاء: مجلس علم يكفر سبعين مجلسا من مجالس اللهو.
Atha' berkata : "Majlis ilmu itu menghapus tujuh puluh majlis dari majlis yang lahan (sia-sia)".
وقال عمر رضي الله عنه: موت ألف عابد قائم الليل صائم النهار أهون من موت عالم بصير بحلال الله وحرامه.
Umar ra berkata : "Kematian seribu 'abid (ahli ibadah) yang mendirikan malam dan puasa di Siang hari adalah lebih ringan dari pada kematian seorang 'alim yang mengetahui apa yang dihalalkan dan diharamkan oleh Allah".
وقال الشافعي رضي الله عنه: طلب العلم أفضل من النافلة.
Asy Syafi'i ra berkata : "Menuntut ilmu itu adalah lebih utama dari pada shalat sunnat" .
وقال ابن عبد الحكم رحمه الله: كنت عند مالك أقرأ عليه العلم فدخل الظهر فجمعت الكتب لأصلي، فقال: يا هذا ما الذي قمت إليه بأفضل مما كنت فيه إذا صحت النية.
Ibnu Abdil Hakam rahimahullah berkata : "Saya di sisi Malik belajar ilmu lalu masuk waktu Zhuhur lalu saya kumpulkan kitab-kitab untuk shalat". Maka ia berkata : "Hai ini, apa yang kamu bangkit kepadanya tidaklah lebih utama dari pada apa yang kamu ada padanya, apabila niat itu benar".
وقال أبو الدرداء رضي الله عنه: من رأى أن الغدو إلى طلب العلم ليس بجهاد فقد نقص في رأيه وعقله.

Abud Darda' berkata : "Barang siapa memandang bahwa pergi mencari/menuntut ilmu itu tidak termasuk jihad maka ia adalah orang yang telah berkurang pendapat dan kurang akalnya".
selanjutnya ..................

No comments:

Post a Comment